17 Oct 2016

Detail Carbon Brush, Carbon Vane Blade, Brush Holder, Spring Carbon Brush

0 Comment

Motor listrik AC tipe slip ring atau motor DC biasanya memiliki sistem brush sebagai sistem kontak untuk menyalurkan arus listrik dari atau ke rotor. Karena kontak ini terjadi pada benda berputar maka sistem brush perlu mendapat perhatian lebih supaya tidak terjadi flashover yang berakibat kerusakan pada motor listrik.

Untuk dapat memberi perhatian lebih, kita perlu mengetahui komponen-komponen dari sistem brush dan kiat-kiat untuk menghindari salah perlakuan sehingga kesehatan sistem brush dapat terjaga.

Komponen sistem brush terdiri dari :

  1. Carbon Brush yang terbuat dari campuran tembaga dan Zinc atau lainnya.
  2. Slip ring(motor AC) atau komutator (motor DC)
  3. Pegas penekan carbon brush
  4. Pemegang carbon brush atau brush holder

Kiat-kiat pada tiap komponen sistem brush dirangkum sebagai berikut :

  • Jangan mencampur aduk tipe carbon brush, karena beda tipe akan beda resistansi sehingga arus akan mengalir ke carbon brush bertahanan rendah, akan terjadi bebanlebih pada carbon brush tersebut. Pilih tipe grade carbon brush yang sesuai, cara yang paling mudah lihat tipe saat awal pembelian motor, bila grade tidak sesuai maka slip ring akan kemakan atau brushnya akan boros (debunya berpotensi terjadi hubung singkat). Grade secara umum dapat dibedakan empat macam ; untuk slipring panas, untuk slipring temperatur tinggi, untuk slipring medium dan untuk slipring dingin.
  • Jaga kebundaran permukaan slipring atau komutator dengan melakukan pengukuran tingkat keovalan. Seiring usia permukaan slipring atau komutator akan mengalami oval, sehingga carbon brush akan mengalami vibrasi dan spark. Cara mengatasinya dengan melakukan pengukuran dan bubut ulang. Jaga pula kedalaman dan ketajaman groove (ulir) pada slipring atau komutator. Jika groove kurang dalam maka fungsi pendinginan akan berkurang, jika tepinya tajam maka akan meretakan ujung carbon brush.
  • Jaga tekanan pegas (1.2 s.d. 2 N/cm2), sesuaikan dengan manual motor. Toleransi maksimal tekanan pegas sebesar 10% tiap satu grup. Pegas terlalu menekan akan terjadi friksi yang tajam di permukaan slipring ( debu carbon banyak atau permukaan termakan), terlalu rendah akan menimbulkan sparking. Jangan ragu-ragu untuk mengganti pegas jika tekanannya sudah loyo karena memang ada usianya.
  • Jaga clearance brush holder kurang lebih 2 mm, terlalu tinggi akan membuat carbon brush bergetar. Posisi brush holder usahakan tegak lurus terhadap permukan slip ring atau komutator. Jika tidak memungkinkan tegak lurus maka miring sedikit tidak mengapa asalkan tidak melawan arah putaran motor

Incoming search terms:

[top]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *