30 Mar 2018

Panduan Kelangsungan Pemasaran Digital untuk Bisnis Kecil

0 Comment

Sebagai pemilik bisnis kecil yang melihat peluang usaha online, Anda mungkin kewalahan dengan banyak tanggung jawab setiap hari. Apakah itu penjualan, akuntansi atau hanya mengelola operasi sehari-hari, mengikuti arus kerja yang terus menerus dapat melelahkan. Karena krisis waktu yang konstan ini, salah satu aspek bisnis yang sering didorong ke samping adalah pemasaran.

Karena waktu Anda sudah banyak diminati, penting untuk memfokuskan upaya pemasaran Anda di mana mereka dapat membuat dampak terbesar – ruang digital. Meskipun mungkin tidak layak untuk mencoba bersaing di setiap aspek lanskap digital, upaya harus difokuskan pada beberapa bidang utama di mana bisnis kecil masih dapat memperoleh keuntungan atas pesaingnya yang lebih besar. Dalam pengalaman saya menjalankan desain web wordpress (baca: cara install wordpress) dan agensi pemasaran digital, ini adalah area terpenting yang harus diprioritaskan oleh pemilik bisnis kecil untuk belajar digital marketing.

Strategi Seluler

Jika strategi pemasaran digital Anda tidak dioptimalkan untuk platform seluler, maka Anda mungkin kehilangan tanda dengan sebagian besar pelanggan Anda. Agar tetap kompetitif, strategi Anda harus mencakup hal-hal berikut, minimal:

• Desain Situs Web Responsif: Pertama dan terpenting, situs web Anda harus dirancang sehingga berfungsi penuh pada perangkat seluler, yang berarti menggunakan desain responsif. Karena ponsel cerdas perlahan tapi pasti menjadi perangkat akses utama untuk penjelajahan web di seluruh dunia, penting bagi Anda untuk menawarkan pengalaman pengguna yang mulus antara pengguna seluler dan desktop. Desain web responsif adalah salah satu metode terbaik untuk mencapai hal ini.

• Penargetan-geo: Facebook menawarkan kemampuan untuk melayani iklan seluler yang ditargetkan dan hiperlokal ke demografi pelanggan Anda. Bagian terbaik dari layanan ini adalah bahwa pengiriman iklan didasarkan pada lokasinya. Karena konsumen secara konsisten menggunakan perangkat seluler, ini menawarkan cara unik untuk menjangkau calon pelanggan di area geografis tertentu yang mungkin tidak menemukan jalan ke situs web Anda.

Search Engine Optimization (SEO)

Memberi peringkat yang baik di search engine memerlukan penerapan publikasi dan informasi pemasaran yang sangat baik yang dikenal sebagai SEO. Upaya ini menjadi lebih penting, terutama di tingkat lokal, untuk tetap relevan secara online.

Banyak pengguna hanya melihat halaman pertama hasil mesin pencari ketika mencari jawaban, atau mereka melihat ke cuplikan unggulan atau panel pengetahuan hasil Google Penelusuran. Mereka yang berada di dekat bagian atas halaman hasil mesin pencari (SERPs) tidak perlu khawatir, tetapi mereka yang tercantum pada halaman setelah sering melihat penurunan tajam dalam kunjungan halaman.

Dengan fokus Google yang meningkat pada kualitas, hasil penelusuran peringkat tinggi, termasuk situs web yang memberikan hasil spesifik bagi pengguna seluler kepada pengguna mereka, pemilik usaha kecil harus memfokuskan upaya pada SEO lokal serta SEO standar untuk mendapatkan keuntungan.

Konten Video

Tahukah Anda bahwa jumlah rata-rata konten video yang ditonton di YouTube secara global adalah 3,25 miliar jam setiap bulan? Itu adalah jumlah video yang luar biasa dan harus memberikan beberapa wawasan tentang mengapa format konten ini harus menjadi prioritas untuk bisnis Anda. Membuat konten video yang menarik untuk platform seperti YouTube, Facebook, Instagram, dan Snapchat dapat membantu Anda menjangkau pelanggan secara efektif sambil membangun kesadaran merek.

Saat membuat video, penting untuk mempertimbangkan bagaimana dan di mana Anda akan mempostingnya. Misalnya, hingga saat ini, diterima secara luas bahwa video harus diambil secara horizontal. Namun, dengan meningkatnya popularitas fitur “cerita” pada platform seperti Facebook dan Instagram, video yang diambil secara vertikal menjadi lebih umum untuk menyesuaikan format ini.

Pemasaran Influencer

Pemasaran influencer sedang meningkat pada tahun 2018. Ketika dilakukan dengan benar, dapat berdampak positif terhadap persepsi publik terhadap bisnis atau produk Anda, menginspirasi kesetiaan merek, mendorong percakapan organik di media sosial, dan meningkatkan penjualan Anda.

Konten adalah raja ketika datang ke kampanye pemasaran influencer sukses. Aspek untuk diidentifikasi dan dibuat sebelum meluncurkan kampanye baru mencakup hal-hal berikut.

• Wawasan Platform: Apakah konten Anda berada di tempat yang tepat? Kesalahpahaman yang umum adalah bahwa Anda harus berada di mana saja, padahal sebenarnya Anda hanya perlu berada di tempat pelanggan Anda. Jika konten Anda berkinerja buruk pada platform tertentu, maka Anda harus mengevaluasi kembali apakah akan memfokuskan upaya Anda di sana.

• Tren Sosial dan Penelusuran: Dalam kehidupan, waktu adalah segalanya, dan konsep itu juga diterjemahkan ke konten Anda. Bahkan konten terbaik, ketika diposting pada momen yang tidak tepat, lebih cenderung kehilangan audiens target Anda, itulah sebabnya mengapa Anda harus tetap diperbarui pada kedua tren sosial dan pencarian untuk merilis konten yang orang cari.

• Konten Kalender: Kesalahan bisnis umum ketika datang ke konten adalah untuk membuat dan memposting on the fly tanpa semacam rencana. Gaya hit-or-miss ini pasti akan menghasilkan hasil hit-or-miss, sementara kalender konten yang dibuat dengan hati-hati menghasilkan konsistensi. Kalender memberikan visualisasi strategi konten Anda yang akan datang dan membantu menciptakan aliran konten yang konsisten untuk membangun merek Anda dengan lebih baik.

• Influencer yang Dipercaya: Pemasaran influencer adalah semua tentang keaslian, yang berarti memberikan kebebasan kepada beberapa tingkat kebebasan untuk membuat konten yang asli bagi mereka. Dalam hal itu, sebagai pemilik bisnis, Anda harus memiliki orang-orang yang dapat dipercaya dalam posisi ini yang memahami cara menyatukan tujuan Anda ke dalam apa yang mereka hasilkan. Sangat penting untuk memungkinkan mereka kebebasan saat membuat konten sehingga memiliki validitas dan keaslian sementara masih mencapai tujuan Anda. Itu membutuhkan kepercayaan di pihak Anda. Baca: cara membuat email

Masalah umum di antara pemilik usaha kecil adalah kurangnya pemahaman tentang apakah upaya pemasaran mereka efektif. Untuk menghindari hal ini, pastikan Anda memperoleh wawasan berharga dengan mengukur metrik utama dengan program seperti Google Analytics. Kemudian, pelajari untuk menyesuaikan upaya Anda agar menjadi efektif. Anda mungkin tidak punya waktu atau sumber daya untuk mengeksplorasi setiap strategi pemasaran digital, tetapi setidaknya, luangkan waktu untuk menempatkan fokus pemasaran digital Anda pada bidang-bidang utama ini untuk bersaing sebagai bisnis kecil di ruang digital.

[top]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *